Iklan


Author Details

Gempa 7,1 SR Guncang Talaud, Sejumlah Fasilitas Umum Rusak Parah.

Media Merdeka
Jumat, 22 Januari 2021, Januari 22, 2021 WIB Last Updated 2021-01-22T05:26:16Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Epicentrum Gempa Tektonik terletak di perairan Kabupaten Kepulauan Talaud.


Melonguane, mediamerdeka. net, -Gempa berkekuatan 7,1 SR mengguncang Kabupaten Talaud, Kamis (21/01/2021) sekitar pukul 19.23 Wita. Kendati dilaporkan tidak ada korban jiwa, namun sejumlah fasilitas umum dan rumah penduduk rusak parah akibat gempa dasyat tersebut.


Di antaranya dinding puskesdes Bengel, RSUD Mala dan rumah-rumah penduduk retak bahkan ada yang dindingnya roboh. 

Dampak gempa yang robohkan dinding bangunan.


Guncangan gempa yang cukup kuat itu membuat warga di kabupaten Talaud panik berhamburan lari keluar rumah sampai ke jalan. Sebagian warga yang takut terjadi tsunami atau gelombang pasang besar, bahkan lari menyelamatkan diri ke tempat-tempat yang lebih tinggi. Mereka berkumpul di atas ketinggian seperti di "Bukit Bui Batu" tepatnya di Area monumen Yesus Raja Damai.


"Saat gempa terjadi, ada masyarakat yang sedang menikmati makan malam bersama keluarga dan ada pula yang sedang duduk santai di dalam rumah. Mereka memilih untuk mengungsi di ketinggian karena takut jika terjadi gelombang pasang ataupun Tsunami,” sebagaimana laporan Seprianton Saranaung, Kepala Biro MediaMerdeka di Kabupaten Kepulauan Talaud.


Pihak BMKG  meminta warga tetap mewaspadai karena dikuatirkan jangan sampai terjadi gempa susulan. Namun demikian, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami di Talaud.


Diketahui, sekitar pukul 19.23.07 WITA di wilayah Talaud Island-Indonesia diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=7,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4,98 LU dan 127,38 BT  atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 134 km arah Timur Laut Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, 259 km timur laut Tahuna Kepl. Sangihe, 334 km Timur laut ONDONG- kepl. SITARO-Sulawesi Utara, 465 km timur laut Ternate-Maluku Utara,  2598 km Timur Laut Jakarta-Indonesia, pada kedalaman 154 km. (ato')

Komentar

Tampilkan

Terkini