Iklan


Author Details

Arab Saudi Ditutup, Ratusan Jamaah Haji dan Umrah Bakal Batal Berangkat ke Tanah Suci

Media Merdeka
Kamis, 04 Februari 2021, Februari 04, 2021 WIB Last Updated 2021-02-04T12:27:03Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Suasana Masjidil Haram, Arab Saudi tampak lengang akibat pembatasan jamaah umroh dan haji.

MediaMerdeka, Kotamobagu - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kembali melakukan pembatasan kedatangan warga asing untuk melakukan ibadah umroh di Masjidil Haram, Mekkah.

Dirilis dari pemberitaan Saudi Press Agency, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, pada hari Selasa (02/02/2021) lalu, mengumumkan penangguhan sementara kedatangan warga asing dari 20 negara dunia yang hendak berkunjung ke negera tersebut.

Kebijakan pemerintah Arab Saudi itu nampaknya berdampak bukan hanya pada urusan diplomatik saja,  akan tetapi kemungkinan akan adanya penundaan bagi para calon jema'ah haji khususnya Indonesia di tahun 2021.

Keputusan tersebut mulai diberlakukan sejak Rabu (03/02) pukul 9 malam, namun tidak berlaku bagi warga negara Saudi, diplomat, praktisi kesehatan dan keluarga kerajaan. 

Langkah penutupan pintu masuk Arab Saudi dari negara-negara luar itu dilakukan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran virus Corona, yang direkomendasikan oleh otoritas kesehatan di Kerajaan Arab Saudi.

Ratna Potabuga, Kepala Biro Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama, Kota Kotamobagu.


Menyikapi penutupan akses masuk oleh pemerintah Arab Saudi tersebut,  Kepala Biro Haji dan Umroh Kemenag Kota Kotamobagu, Ratna Potabuga, menyampaikan bahwa memang dirinya lewat group WhatsApp (WA), biro haji dan umroh telah menerima informasi adanya penutupan akses masuk pemerintah Arab Saudi, akan tetapi pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag Propinsi guna kejelasan informasi tersebut,.

"Saya sudah membaca di group WA info penutupan akses masuk ke Arab Saudi, tapi saya selaku Kepala Seksi Biro Haji dan Umroh Kemenag Kota Kotamobagu masih akan koordinasi ke Kanwil Propinsi untuk kejelasan informasi tersebut. Kami berharap pada seluruh masyarakat Kota Kotamobagu yang sudah masuk jadwal haji dan umroh tahun ini untuk bisa bersabar dan berdoa,  semoga saja niatan ibadah kita dipermudah oleh Allah SWT," harap Potabuga. 

Pada tahun 2020 lalu, sebanyak 142 calon jamaah haji yang terdaftar di Kantor Kemenag Kotamobagu batal berangkat menunaikan ibadah haji di Mekkah akibat adanya pandemi Covid-19. Akibatnya, mereka dijadwalkan akan berangkat tahun 2021 ini jika akhirnya pandemi Covid-19 dapat teratasi. (Raja)

Komentar

Tampilkan

Terkini