Iklan


Author Details

Balita Tewas Akibat Tanggul Ambruk.

Media Merdeka
Rabu, 24 Februari 2021, Februari 24, 2021 WIB Last Updated 2021-02-23T21:50:46Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Reruntuhan rumah milik Yusuf Surapati setelah tertimpa tanggul yang ambruk.

Bitung - Seorang balita berusia 3 tahun di Kelurahan Girian Indah, Kecamatan Girian, Kota Bitung, Sulawesi Utara meninggal dunia dalam peristiwa ambruknya tanggul penahan tebing di samping rumah milik kakeknya.


Tanggul pasir yang ambruk merusak dua unit rumah milik Yusuf Suropati dan milik anaknya yang letaknya bersebelahan.


Peristiwa tragis itu terjadi sekitar pukul 23.00, saat korban bernama Gabriel sedang tertidur lelap di kamar kakeknya beserta 2 orang anggota keluarga lainnya.


"Kami tidur berempat di dalam 1 kamar lalu tiba-tiba dinding kamar runtuh dan menimpa kami. Saya tertimpa balok dan batako sedangkan cucu saya Gabriel tertimbun pasir. Mungkin itu yang membuatnya kesulitan bernafas sehingga meninggal dunia," jelas Yusuf.


Selain menewaskan Gabriel, ambruknya tanggul penahan pasir itu juga mengakibatkan 4 orang anak, cucu dan menantu Yusuf menderita luka-luka sehingga korban keseluruhannya berjumlah 6 orang.


Mereka kini untuk sementara diungsikan di rumah sanak keluarganya karena rumah milik Yusuf rusak parah dan tidak layak serta tidak aman untuk ditinggali lagi. 

Tanggul ambruk dan merusak 2 unit rumah yang berada di bawahnya.


Sementara itu, sejumlah personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP serta aparat pemerintah kecamatan Girian langsung mendatangi lokasi dengan membawa bantuan tanggap bencana berupa sembako, kasur, selimut dan peralatan dapur untuk para korban.


"Kami akan lihat nanti, apakah para korban akan direlokasi atau tidak karena kondisi tanah dan bangunan cukup labil dan berbahaya. Tetapi kemungkinan akan kami bangun tanggul yang lebih kuat dan permanen," kata Muslih Antameng, Camat Girian, usai menghadiri pemakaman korban Gabriel sekaligus menyerahkan bantuan darurat bencana kepada para korban. (Adj)



Komentar

Tampilkan

Terkini