Iklan


Author Details

Waterboom Banyuanget, Lokasi Rekreasi dan Terapi Kesehatan Favorit di Kotamobagu.

Media Merdeka
Minggu, 14 Februari 2021, Februari 14, 2021 WIB Last Updated 2021-02-14T07:07:58Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Kolam renang Banyuanget, Kotamobagu, tempat rekreasi favorit di akhir pekan dan hari libur.

MediaMerdeka, Kotamobagu - Hari libur adalah hari yang ditunggu-tunggu setiap keluarga, karena di hari libur kebanyakan orang menghabiskan waktunya untuk berekreasi. Ada yang ke pantai, mendaki gunung, berwisata ke danau dan ada juga yang datang ke tempat permandian atau kolam renang. 


Salah satu tempat yang menjadi favorit warga Kota Kotamobagu untuk bersantai di hari libur adalah kolam renang Banyuanget yang terletak kurang lebih 3 kilometer dari pusat kota, tepatnya di Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur. 


Kolam renang milik H. Sutrisno itu memiliki luas area sekitar 4 hektare yang terbagi dalam  2  lokasi. 1 hektare sudah dikelilingi tembok, sedangkan yang 3 hektare lagi yang memiliki sumber mata air panas alami itu masih dalam bentuk lahan terbuka. 


Permandian alam yang memiliki fasilitas 'waterboom' ini, menurut H. Sutrisno mulai beroperasi sejak bulan Desember 2017 lalu dan sejak itu langsung menjadi lokasi rekreasi favorit keluarga yang banyak dikunjungi masyarakat, baik dari Kotamobagu sendiri, maupun dari daerah lain di Sulawesi Utara.

Wahana waterboom dan seluncuran yang dimiliki Banyuanget Swimming Pool, Kotamobagu.


Di hari-hari biasa, jumlah pengunjung yang datang ke Banyuanget rata-rata 250 orang, sedangkan di hari libur, pengunjung yang datang bisa mencapai 1.000 orang. Omzet pendapatan yang diraup pun tidak sedikit, meski harga tiket masuk yang terbilang murah, hanya sebesar Rp. 15 ribu per orang.


"Paling ramai kalau hari libur, misalnya di akhir pekan, hari raya Idul Fitri, Natal atau hari libur lainnya," kata H. Sutrisno yang ditemui Ilsaraja T. Makalalag, wartawan mediamerdeka.net biro Kotamobagu, Minggu (14/02/2021).

H. Sutrisno, pemilik pemandian alam, Banyuanget Swimming Pool.


Sesuai namanya yang memiliki arti 'Air Hangat', kolam renang Banyuanget tidak hanya dikunjungi warga yang sekedar datang untuk berenang atau berekreasi, tapi banyak pula yang datang untuk melakukan terapi pemulihan kesehatan di kolam yang memiliki sumber mata air panas alami.


"Ya, banyak pengunjung yang percaya khasiat dari sumber mata air panas yang dapat memulihkan berbagai macam penyakit itu. Selain untuk memulihkan kebugaran dan menyegarkan tubuh, ada juga yang meyakini dapat menyehatkan kulit," tutur H. Sutrisno.


Sayangnya, sejak pandemi Covid-19 melanda, jumlah pengunjung pun semakin berkurang dan berimbas terhadap omzet pendapatan yang ikut menurun akibat pemberlakuan protokol kesehatan yang membatasi aktivitas warga masyarakat.

Selain sekedar berenang, pengunjung juga melakukan terapi kesehatan untuk memulihkan kebugaran tubuh.


"Memang sejak adanya korona (pandemi Covid-19_red), jumlah pengunjung memang berkurang, terlebih di awal-awal datangnya korona. Pendapatan otomatis menurun juga," ungkap pemilik Banyuanget Swimming Pool tersebut.


Rinto Pessak, salah satu pengunjung yang datang bersama 13 anggota keluarganya dari wilayah Kabupaten Minahasa Selatan, mengaku kagum dan terpesona dengan keistimewaan yang dimiliki Banyuanget Swimming Pool.


"Saya sangat puas setelah membuktikan dan melihat sendiri keberadaan kolam renang yang banyak diceritakan orang ini. Keluarga dan anak-anak pun senang dan puas bisa berenang menikmati segarnya air kolam yang lokasinya lumayan tertata rapi. Apalagi ada wahana waterboom dan tempat seluncuran. Pokoknya seru dan mengasyikkan bisa berekreasi di Banyuanget ini," ungkap Rinto sumringah.


Agar pengunjung dapat lebih betah untuk bersantai bersama keluarga, H. Sutrisno juga menyediakan fasilitas 'live music' dengan iringan alat musik keyboard dan juga kantin untuk membeli makanan ataupun jajanan ringan lainnya.


"Yang hobbynya bernyanyi, pengunjung boleh ikut bernyanyi melagukan tembang kesukaannya. Semua sengaja kita sediakan agar pengunjung bisa senang dan bergembira bersama keluarga," pungkas pengusaha berdarah Jawa itu. (Raja)

Komentar

Tampilkan

Terkini