Iklan


Author Details

Dinkes Sulut Gelar Orientasi P2 Kusta di BMR.

Media Merdeka
Rabu, 17 Maret 2021, Maret 17, 2021 WIB Last Updated 2021-03-17T04:38:42Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Harianti Sutarjo, Kepala Seksi P2 Kusta Dinkes Kotamobagu.


MediaMerdeka, Kotamobagu -
 Menindaklanjuti program kementerian kesehatan untuk penanganan masalah penyakit kusta, Dinas Kesehatan (Dinkes) Propinsi Sulawesi Utara menggelar kegiatan orientasi Pengendalian Penyakit (P2) Kusta bagi petugas Puskesmas di lingkup Dinkes Kota Kotamobagu.


Kegiatan orientasi tersebut dilaksanakan di Resto Lembah Bening, Kelurahan Matali Kecamatan Kotamobagu,  Rabu, (17/03/2021) dan langsung dipimpin oleh Wakil Advisor Kusta Dinkes Propinsi, Jianne Palit.


"Kegiatan orientasi program P2 Kusta ini diselenggarakan untuk memberikan wawasan pengetahuan pada seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas di wilayah kerja masing masing tentang penanganan masalah penyakit kusta. Dan ini merupakan program kegiatan dari Kementerian Kesehatan untuk tahun 2021," jelas Jianne Palit.


Sementara itu, Kepala Seksi P2 Kusta Dinkes Kotamobagu, Harianti Sutarjo pada MediaMerdeka menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah program kementerian kesehatan melalui Dinkes Propinsi yang difasilitasi Dinkes Kotamobagu dan dilaksanakan di lima kabupaten Kota se-BMR. Dan untuk Kota Kotamobagu  sendiri ada lima puskesmas yang mengikuti kegiatan ini, antara lain Puskesmas Gogagoman, Upai, Bilalang, Motoboi Kecil dan Puskesmas Kotobangon.

Untuk pasien kusta sendiri di wilayah Kotamobagu tergolong sedikit, hanya sekitar 10 pasien dan itu pun sudah dinyatakan sembuh.


"Kami dari Dinkes Kota Kotamobagu hanya memfasilitasi kegiatan Orientasi P2 Kusta yang dilaksanakan oleh Dinkes Propinsi,  dan untuk pelaksanaan kegiatan di lima Kabupaten Kota se-BMR, alhamdulillah untuk pasien kusta wilayah Kota Kotamobagu tergolong sedikit, tercatat hanya ada 10 pasien dan semuanya sudah sembuh. Selain itu, kegiatan seperti ini boleh dikata jarang dilaksanakan, harapannya ke depan, kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan," harap Harianti Sutarjo, Kasi P2 Kusta Dinkes Kota Kotamobagu.( Raja )

Komentar

Tampilkan

Terkini