Iklan


Author Details

Kapolres Bolmong Buka Pintu Bagi Masyarakat Totabuan untuk Berdialog dan Berdiskusi Perihal Kamtibmas.

Media Merdeka
Kamis, 04 Maret 2021, Maret 04, 2021 WIB Last Updated 2021-03-04T11:52:38Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
AKBP. Dr. Nova Irone Surentu, SH. MH. Kapolres Bolaang Mongondow.


MediaMerdeka, Bolmong - Hampir sebulan menjabat sebagai Kapolres Bolaang Mongondow, AKBP. Dr. Nova Irone Surentu, SH, MH, akan mengedepankan Restorative Justice dalam penyelesaian berbagai kasus yang ditangani Polres Bolaang Mongondow (Bolmong).


Sosok Kapolres perempuan berdarah Minahasa yang lahir di Langowan ini dikenal ramah dan murah senyum pada siapa saja.


Mengawali karirnya sebagai Kapolres, AKBP. Nova Surentu tak sungkan melakukan interaksi dan menjalani silaturahmi dengan seluruh lapisan masyarakat di Tanah Totabuan. Bahkan di awal kepemimpinannya selaku Kapolres Bolmong, perwira menengah ini langsung terjun membaur dengan masyarakat saat terjadi peristiwa kebakaran di salah satu rumah warga di Desa Doloduo, Kecamatan Dumoga Barat beberapa waktu lalu.


Di tempat itu, mantan pejabat di salah satu Direktorat di Polda Metro Jaya ini bahkan turut memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban sebagai bentuk kepeduliannya.


Sebelum didapuk sebagai pemimpin Korps Bhayangkara di wilayah hukum Polres Bolaang Mongondow, AKBP. Nova I. Surentu memulai karir dari bawah dengan berbagai jabatan yang diamanahkan kepadanya sehingga dinilai cukup berpengalaman dalam menangani bermacam kasus yang diproses aparat kepolisian.


Sederet jabatan yang pernah diemban polwan cantik bergelar Doktor ini antara lain, Kanit Reskrim, Kanit Ranmor, Kanit Judisila, Kanit Resmob, Kanit PPA, hingga Kasubdit Bidang Bantuan Hukum Polda Metro Jaya di DKI Jakarta.


Atas keberhasilannya mengungkap berbagai kasus dan mengemban tugas yang diamanahkan, AKBP. Nova sempat diberi penghargaan oleh Kapolri sebagai Polisi berprestasi yang diserahkan Kapolda Metro Jaya yang kala itu dijabat oleh Irjen. Pol. Nana Sudjana yang kini menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara.


Diwawancarai di ruang kerjanya Kamis, (04/03/2021) di Mapolres Bolaang Mongondow di Desa Pusian, Kecamatan Dumoga Timur,  AKBP. Nova menyampaikan bahwa dalam penanganan masalah di wilayah hukum Polres Bolmong, dirinya akan lebih mengedepankan Restorative Justice atau penyelesaian kasus dengan cara musyawarah.


"Tentu saja yang berkaitan dengan kasus-kasus ringan dan tidak berdampak negatif secara luas bagi masyarakat. Kita akan upayakan cara musyawarah dengan melibatkan para tokoh dan pemerintah dalam penyelesaiannya" ungkap AKBP. Nova.


Untuk itu, guna membangun kemitraan dengan berbagai elemen masyarakat, AKBP. Nova banyak melakukan silaturahmi dengan para tokoh masyarakat di Tanah Totabuan, mulai dari pemerintah desa, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, LSM hingga komunitas jurnalis.


"Intinya, kami tentu butuh dukungan semua pihak dan semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas keamanan daerah ini," ujar AKBP. Dr. Nova Irone Surentu. SH.MH, seraya menyampaikan bahwa dirinya akan selalu membuka pintu bagi masyarakat Bolaang Mongondow yang hendak berdialog atau berdiskusi dalam menyelesaikan dan menangani masalah hukum atau pun masalah sosial kemasyarakatan. (Raja)

Komentar

Tampilkan

Terkini